Cara Mengatasi HP Android Bootloop / Stuck Tidak Masuk Sistem

Halo sobat cepmek setia fokusmedia.co.id! Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara mengatasi HP Android Bootloop yang akan kita ulas pada artikel dibawah ini secara lengkap. Sekarang Smartphone Android semakin banyak ditemukan, dari berbagai jenis, tipe, dan merk Android banyak dikeluarkan oleh pabrikan atau produsen gadget di dunia.

Dari yang mahal sampai yang murah dan juga berbagai macam sistem operasi sudah banyak kita jumpai. Dan jumlahnya sudah tak terhitung, karena hampir semua manusia pernah menggunakan smartphone pintar ini. Smartphone bukanlah perangkat yang dapat terus bekerja atau digunakan, ada kalanya ponsel istirahat dan di-restart untuk me-refresh sistem.

Jika digunakan terus menerus tanpa ada jeda, akibatnya ponsel dapat mengalami lag dan juga terdapat error pada sistem atau yang sering kita kenal dengan bootloop. Apa itu Bootloop? Disinilah suatu perangkat mengalami kesalahan sistem atau terdapat sistem yang corrupt sehingga perangkat tidak dapat bekerja dengan sempurna. Banyak penyebab yang memungkinkan perangkat pengunjung untuk bootloop.

Seperti, file sistem hilang, perangkat bekerja terlalu banyak, virus dan sebagainya. Bootloop memang beresiko membuat hp pengunjung mati total dan tidak dapat dihidupkan. Kebanyakan hanya hidup saja menampilkan logo tipe atau merk hp tersebut. Itu benar-benar menjengkelkan bukan? Namun pengunjung tidak perlu khawatir, karena disini admin memiliki tips atau Cara Mengatasi HP Android Bootloop.

Tentunya dengan cara yang paling mudah dan dapat pengunjung lakukan di rumah dengan tools standar. Jadi langsung saja kita simak ulasannya pada artikel di bawah ini.

Inilah Cara Mengatasi HP Bootloop Paling Gampang

Cara Mengatasi HP Android Bootloop

Sebelum menanganinya, ada baiknya kenali dulu macam-macam bootloop, karena tidak semua bootlop ditangani dengan cara yang sama. berikut beberapa jenis bootloop yang harus pengunjung ketahui :

Artikel Lainnya :   Aplikasi Cari Jodoh & Teman Kencan Online Gratis Terbaik 2022

Light Bootloop

Menangani boot loop yang ringan sangatlah mudah. Hal ini biasanya disebabkan oleh kesalahan manipulasi data tanpa melalui recovery mode. Pertama, pastikan perangkat Android pengunjung dihentikan. Dalam hal ini, keluarkan memori, kartu SIM, dan baterai. Kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian instal ulang dan mulai ulang perangkat. Jika itu tidak berhasil, coba yang berikut ini:

Hard Bootloop

Berbeda dengan loop boot ringan, boot loop keras atau kritis memerlukan penanganan teknis. biasanya dalam kondisi ini pengunjung harus flash atau wipe data. Nah, bagaimana cara memperbaikinya, pengunjung dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaikinya.

1. Wipe Cache Partition

Cara pertama pengunjung dapat wipe partisi cache, cara ini sangat ampuh mengatasi bootloop. Dengan cara ini, pengunjung dapat melakukannya tanpa takut kehilangan semua data pengunjung. Untuk instruksi, buka menu Recovery Mode, pilih Wipe Cache Partition, lalu Yes. Namun, setiap ponsel memiliki cara berbeda untuk masuk ke mode pemulihan.

Untuk masuk ke recovery mode pengunjung dapat melakukan seperti di bawah ini:

  • Samsung: Tombol Nyala / Mati + Tombol Nyala / Mati + tambah volume
  • Xiaomi: sakelar hidup / mati + lebih keras
  • Oppo: Tombol daya + volume turun
  • Asus: Tombol daya + volume naik. Saat logo muncul, lepaskan tombol daya sambil menahan volume naik
  • LG: Tombol Power + Home + volume atas
  • Huawei: tombol daya + volume atas + tombol daya

Jika berhasil, ponsel kembali ke halaman utama. Jika ini tidak berhasil, lakukan reset pabrik sebagai berikut.

2. Factory Reset

Cara mengatasi hp bootloop selanjutnya adalah dengan melakukan factory reset. Secara teknis, cara ini me-reset software sehingga terlihat seperti pembelian pertama. Untuk melakukan ini, buka menu “Recovery Mode” seperti dijelaskan di atas, pilih “Factory Reset” dan kemudian “Yes”.

Artikel Lainnya :   Aplikasi Kunci Gitar Android Terlengkap Buat Belajar Lebih Mudah

Sistem akan diproses secara otomatis nanti. pengunjung dapat mengatur ulang telepon pengunjung ke pengaturan pabrik tanpa kesulitan. Dalam hal ini, ponsel harus dapat mengakses beranda.

3. Flash Ulang dengan ROM / Firmware Baru

Jika itu tidak berhasil, pengunjung dapat menggunakan metode flash terbaik. Gunakan metode ini hanya jika ponsel pengunjung memiliki loop awal yang berat. Biasanya ini disebabkan oleh kesalahan instalasi ROM kustom atau pembaruan sistem operasi telepon yang salah. Jika pengunjung ingin flash, gunakan ROM yang sesuai dengan ponsel pengunjung.

Akhir Kata

Demikian pembahasan admin tentang Cara Mengatasi Android Bootloop yang sudah admin jelaskan pada artikel kali ini. dengan langkah-langkah di atas, pengunjung dapat mencoba melakukannya dengan mudah. Semoga beruntung.

Baca juga: